fgfdgf

Inilah Berbagai Jenis Lisensi dari Microsoft Beserta Artinya

Lisensi Windows

Berbagai Jenis Lisensi dari MicrosoftInilah Berbagai Jenis Lisensi dari Microsoft Beserta Artinya – Jagoantekno.com Sebelum anda membeli operating system Windows baik itu windows 7, 8, 8.1, maupun windows 10 baik itu yang original maupun yang bajakan, anda harus memperhatikan dulu lisensi apakah yang tertera disitu.

Lisensi tersebut sangatlah penting karena menunjukkan bahwa OS tersebut sudah terdaftar di Microsoft secara resmi. Namun Anda juga harus memperhatikan lisensi apakah yang tertera disitu, karena setiap lisensi memiliki fungsi dan jenis terdaftarnya secara berbeda.

Tetapi anda juga harus memperhatikan COA dari OS tersebut. Lalu apa itu COA? COA merupakan singkatan dari Certificate of Authenticity yaitu sebuah fitur keamanan yang membantu pelanggan untuk membedakan manakah Windows yang asli dan yang illegal. Namun bukanlah COA saja yang harus kalian perhatikan, kalian juga harus memperhatikan invoice dan bon pembelian windows tersebut.

Inilah Berbagai Jenis Lisensi dari Microsoft Beserta Artinya

Untuk melihat jenis-jenis lisensi yang dimiliki oleh Microsoft dan pada umumnya juga tertera pada Windows original, anda dapat menyimaknya sebagai berikut

OEM (Original Equipment Manufacturing)

Lisensi ini merupakan lisensi yang harus dibeli, dan tidak dapat ditransfer ke komputer lain karena sudah melekat pada hardware. Jika motherboard anda diganti atau ditingkatkan, maka lisensi tersebut sudah tidak berlaku lagi dan anda juga harus membeli lisensi yang lainnya yang lebih baru.

GGWA (Get Genuine Windows Agreement)

Lisensi jenis ini ditujukan untuk perusahaan yang memiliki sistem operasi Microsoft namun belum mempunyai lisensi yang legal. Lisensi ini dapat didapat dengan langsung mendaftarkan perusahaan anda kepada kantor pusat Microsoft di negara masing-masing.

GGA (Get Genuine Kit)

Hampir sama dengan GGWA, lisensi ini juga ditujukan bagi perusahaan yang belum memiliki lisensi yang legal dari produk Microsoft. Namun bedanya jika GGWA ditujukan untuk perusahaan yang belum memiliki lisensi legal dalam OS Windows, sementara GGA ini mencakup dalam semua produk Microsoft baik itu Microsoft office, windows, maupun dan lain sebagainya.

FPP (Full Packaged Product)

Lisensi ini memang disebut sebagai lisensi yang paling simple diantara lisensi lainnya. Lisensi ini berbentuk Product Key yang dapat diinstall di banyak komputer. Jadi apabila anda ganti komputer ataupun motherboard, anda tidak perlu membeli lisensi lagi karena product key tersebut bisa digunakan di semua komputer asalkan dengan CD Installer yang sama.

Open License

Open license ini ditujukan bagi perusahaan yang ingin mendapatkan lisensi lebih murah daripada FPP. Terdapat dua jenis open license yaitu Open Volume dan Open Business. Open Volume ditujukan untuk perusahaan kecil yang ingin membeli FPP namun dengan harga yang lebih murah, dan dengan minimal jumlah pembelian yang cukup kecil yaitu 5 unit. Sementara Open Business ditujukan untuk perusahaan yang lebih besar namun dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan Open Volume. Tetapi untuk pembelian Open Business ini minimal harus membeli 500 unit.

Open Value

Open value ini merupakan jenis lisensi yang paling bagus dari Open License, bisa dibilang merupakan Open License++. Open Value ini ditujukan untuk pembelian seluruh produk Microsoft yang mencakup Software Assurance. Untuk Open Value ini produk sudah dibundle dengan produk Microsoft yang lainnya termasuk Office Pro, Desktop Pro Platform dan lain sebagainya.

OLP (Open License Program) Academic

Sesuai dengan namanya, lisensi ini ditujukan untuk sekolah, akademi, maupun universitas yang bertujuan untuk membeli produk dari Microsoft.

OLP (Open License Program) Charity

Lisensi ini dtujukan kepada organisasi non-profit yang ingin membeli produk dari Microsoft dan pastinya juga harga yang berbeda dengan perorangan. Namun tidak mudah untuk mendapatkan lisensi ini karena organisasi tersebut harus memenuhi persyaratan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *